Anotasi “Becoming a strategic leader : your role in your organization’s enduring success “

image_print

Judul : Becoming a strategic leader : your role in your organization’s enduring success
Pengarang : Richard L.Hughes, Katherine C. Beatty
Penerbit : Jossey-Bass
Tahun : 2005
ISBN : 0-7879-6867-6
Jumlah Halaman : 268

TUJUAN. buku ini adalah sebagai panduan atau pegangan para eksekutif dan manajer untuk melaksanakan proses kepemimpinan strategis di semua tingkatan organisasi.
POKOK BAHASAN. Dalam bab satu dibahas sifat unik dari kepemimpinan yang strategis dan kesulitan dan tantangan yang dihadapi. Penulis meneliti secara mendalam gagasan mengenai strategi organisasi sebagai proses pembelajaran dan menyimpulkannya dengan melihat implikasi karena menggunakan pandangan tersebut. Bab dua Pemikiran yang strategis, mengacu pada dimensi kognitif dari kepemimpinan strategis. Aspek ini dapat meliputi, misalnya, memahami tren lingkungan yang memiliki kepentingan strategis untuk organisasi. Hal ini juga dapat meliputi kemampuan untuk menyaring gelombang informasi untuk mengenali fakta atau masalah yang secara strategis paling penting. Aspek-aspek lainnya adalah melihat hal-hal dari perspektif perusahaan, menghargai kontribusi dari semua fungsi dan departemen yang berbeda dalam organisasi secara keseluruhan, dan melihat semuanya dengan cara yang baru dan berbeda. Bab tiga membahas selubung tindakan strategis, dimensi perilaku kepemimpinan dari kepemimpinan yang strategis. Perlunya bertindak dengan niat yang trategis tidak perlu dinyatakan secara berlebihan. Pada akhirnya, semuanya bermuara pada apa yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemimpin. Visi yang besar dan rencana yang rinci akan sia-sia jika tidak memiliki tujuan. Gagasan yang tajam tidak akan bernilai kecuali menghasilkan keputusan yang berkomitmen agar sumber daya melakukan aktivitas tertentu dan bukan hal lainnya. Pemberian pengaruh yang strategis adalah subyek dari bab empat. Subyek ini mengacu pada cara yang dipakai para pemimpin dalam memengaruhi orang lain dan cara-cara mereka membuka diri untuk menerima pengaruh dari orang lain. Pengaruh adalah saluran di mana pikiran dan tindakan mengaliri seluruh organisasi. Menjaga arah yang positif dan jalur strategis organisasi adalah hal yang penting. Bab lima adalah untuk memeriksa sifat dan efektivitas kerjasama kepemimpinan yang strategis. Kami mengacu pada penelitian yang telah kami lakukan terhadap kelompok dalam konteks program CCL. Mengembangkan Pemimpin Strategis (DSL). Individu dan kelompok menggunakan kepemimpinan yang strategis ketika mereka berpikir, bertindak, dan mempengaruhi orang lain dengan cara yang dapat meningkatkan keunggulan organisasi secara kompetitif yang berkelanjutan. Bab enam menjelaskan jenis lingkungan yang dimaksud. Bab ini melihat aspek budaya organisasi, struktur, dan sistem yang paling mungkin untuk menghasilkan dan mendukung jenis kepemimpinan yang akan membuat organisasi dapat bergerak maju melalui pembelajaran yang terus-menerus. Dalam bab tujuh kembali ke fokus yang lebih personal dan menawarkan saran beberapa saran penting tentang bagaimana pembaca dapat mengembangkan dengan baik kemampuan kepemimpinan mereka yang strategis. Upaya tersebut menyangkut pemilihan pengalaman yang kaya dalam memperoleh kesempatan boelajar.

KEKHASAN. buku ini menguraikan kerangka kepemimpinan strategis dan berisi saran-saran praktis tentang bagaimana mengembangkan individu, tim, dan keterampilan organisasi yang dibutuhkan untuk lembaga menjadi lebih mudah beradaptasi, fleksibel, dan tahan banting. Para penulis juga menunjukkan bagaimana manajer individu dapat melatih kepemimpinan strategis yang efektif melalui pendekatan-pemikiran khas dan sistemik

REKOMENDASI. Buku ini sangat cocok untuk pimpinan dan eksekutif dan para manajer, agar dapat membuat perencanaan jangka panjang dan pendek, dan agar organisasi dapat semakin maju dengan pembelajaran yang terus menerus.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.