Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa di Perbanas Institute Jakarta

image_print

Analisis data yang dilakukan dalam model penelitian ini dengan metode análisis diskriminan dan metode regresi logistik maka dapat ditentukan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa, khususnya di Perbanas Institute. Faktor-faktor yang tersebut antara lain : Lama belajar,  Motivasi belajar,  Lingkungan belajar , Kualitas pembelajaran serta E-Learning System. Faktor Situs Jejaring Sosial ternyata tidak berpengaruh sama sekali terhadap pencapaian prestasi akademik mahasiswa di Perbanas Institute.  Hasil kelima variabel yang sudah ditentukan tersebut memperkuat pendapat para peneliti sebelumnya.blog-brotoMetode Analisis Diskriminan merupakan metode dalam analisa mutivariat yang bersifat dependensi dan untuk mengklasifikasi data berdasarkan perbedaan karakteristik data. Dalam penelitian ini, terbentuk model persamaan :

Y = – 4.298  + 0.104x+ 0.9187x2   + 1.187x3    + 1.486x4    + 0.639x5

 Sedangkan Metode Regresi Logistik adalah bagian dari analisa regresi yang digunakan untuk menganalisa variabel dependen yang kategori dan variabel independen yang bersifat kategorial, kontinu atau gabungan dari keduanya.

Dalam penelitian ini, model persamaan yang terbentuk :

  ln      =  – 44,393 +  0,0290 x1  +  2,496 x2  +  1,008x3                 +  21,044x4  +  19,406x5

Model Analisis Diskriminan yang dihasilkan dalam penelitian ini memiliki ketepatan prediksi sebesar 86 % (dianggap tinggi karena nilai ketepatan > 50 % dan melihat canonical correlation sebesar 0,713 dianggap juga sudah menunjukkan keeratan yang sangat tinggi).

Model Regresi Logistik yang digunakan dalam penelitian mampu memprediksi 90% kondisi yang terjadi  (overall percentage). Dengan hasil ini maka menunjukkan penggunaan metode Regresi Logistik dalam penelitian ini akan jauh lebih baik dan akurat dibandingkan metode Analisis Diskriminan.

 

oleh :

Ir.Mercurius Broto Legowo, M.Kom

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.