anotasi buku DESIGNING VIDEO AND MULTIMEDIA FOR OPEN AND FLEXIBLE LEARNING

image_print

Buku DESIGNING VIDEO AND MULTIMEDIA FOR OPEN AND FLEXIBLE LEARNING, Jack Koumi, Routledge. Taylor and Francis e-Library: New York , 2006

B. Tujuan
Memberikan usulan dan bantuan untuk kelompok guru dan pelatih, staf teknis dan pendukung yang ingin berkembang dengan menggunakan video dan multimedia secara efektif, serta merancang, mengembangkan, mengelola bahan pembelajaran jarak jauh.
C. Pokok Bahasan

Kelebihan teknik dan fungsi pembelajaran menggunakan kekuatan video serta teknik dan fungsi pembelajaran video tidak diperoleh melalui media lainnya. Masing-masing kategori yang bersifat pembelajaran mungkin tidak asing lagi bagi pembaca yang berpengalaman di bidang produksi video, namun penggolongan yang dilakukan sepenuhnya tersebut memberikan dasar yang menyeluruh untuk menentukan saat yang tepat dalam menggunakan video. Penggolongan tersebut membantu mengenali bagian dari mata pelajaran yang memperoleh nilai tambah dari penggunaan video dan untuk memilih atau menggunakan paket video secara bijaksana.
Dalam pemberian satu tugas belajar di mata pelajaran tertentu, harus ditetapkan tugas yang paling cocok untuk masing-masing media. Perlu diketahui pula tidak semua media efektif untuk semua pembelajaran.
Selanjutnya dibahas mengenai prinsip pengembangan dan pelatihan skenario (screenwriting). Bagian ini menceritakan bahwa video untuk topik yang dianggap paling penting yaitu: prinsip screenwriting yang efektif untuk video pendidikan. Prinsip screenwriting merupakan prinsip perancangan tingkat mikro (yang dapat dipraktekkan) untuk video pendidikan. Pada penulisan ini juga dibahas 46 prinsip perancangan secara rinci. Penjelasan yang rinci ini cukup membantu pengembang mata pelajaran untuk memilih atau menggunakan video yang dirancang secara efektif untuk pendidikan.
Mengenai penggabungan gambar dan suara untuk audio vision dan multimedia. Disini dibahas tidak hanya video semata namun juga screenwriting untuk audio vision (paket gabungan audio-cetak teknologi yang lebih rendah). Prinsip screenwriting adalah prinsip perancangan tingkat mikro (yang dapat dipraktekkan) untuk audio vision dan multimedia. Audiovision dengan teknologi rendah berpotensi besar untuk situasi di mana multimedia dengan teknologi tinggi tidak memungkinkan untuk dipergunakan karena beragam alasan (contoh anggaran atau infrastruktur yang tidak mencukupi).
D. KEKHASAN
Buku ini merupakan jembatan antara penelitian dan praktek, juga memberikan pembahasan mengenai pengajaran/penggunaan video dan multimedia yang paling efektif untuk pembelajaran jarak jauh dan terbuka.
E. REKOMENDASI
Buku ini ditujukan bagi para pengembang mata pelajaran yang ingin mengoptimalkan penggunaan media, para pembaca perancang video pendidikan, dan juga untuk para pembaca yang merancang audiovision dan multimedia. Buku ini juga membantu para pengembang untuk memilih atau menggunakan audiovision dan multimedia yang dirancang secara efektif untuk pendidikan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.