ANOTASI BUKU TEACHING AND LEARNING WITH MULTIMEDIA

image_print

A. Data buku
Judul : TEACHING AND LEARNING WITH MULTIMEDIA
Pengarang : Janet Collins, Michael Hammond, Jerry Wellington
Penerbit : Routledge. Taylor and Francis e-Library : New York
Tahun : 2002
Halaman : 145
___________________________________________________________
B. Tujuan
Tujuan buku ini adalah untuk merangsang perdebatan/diskusi baik guru, siswa sehingga kita dapat membuat dan menggunakan multimedia menjadi lebih baik dalam proses belajar mengajar.

C. Pokok Bahasan
Buku ini diawali dengan pengenalan multimedia juga cara-cara penyimpanannya, selain itu juga membahas software multimedia dalam konteks mengenai pengenalan TI pada sekolah-sekolah di waktu lampau, dan sejarah TI mulai 1970-an dan awal 1980-an, serta menyadari adanya hambatan juga kendala yang besar dalam hal pengembangan kurikuler pada TI.
Buku dengan suara, menjadi salah satu jenis software yang paling banyak dipakai–setidaknya di sekolah dasar, buku dengan suara tidak hanya membantu memotivasi pembaca pemula, tetapi juga membantu pembaca yang memiliki keterbatasan dan pembaca yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.
Aplikasi umum lainnya dari software multimedia yang perlu dipertimbangkan yaitu pengurusan informasi. Dua jenis pengurus informasi: user yang memiliki tujuan dan browser yang mencari sesuatu secara kebetulan.
Tantangan dalam multimedia adalah mengenai bagaimana memeriksa pencampuran kata-kata, gambar dan suara dalam multimedia dan, khususnya, bagaimana menganalisa kontribusi dari gambar untuk belajar, serta penggunaan multimedia dalam membuat cerita, konsep dan budaya yang dapat diakses peserta didik.
Hasil survei atas sikap guru terhadap TI, khususnya multimedia, adalah banyak guru tertarik pada kesempatan yang ditawarkan multimedia namun mereka kuatir atas permasalahan seperti memperkenalkan anak-anak pada perangkat lunak dan menemukan waktu yang cukup agar mereka dapat menilai bahan yang ada.
D. Kekhasan
Buku ini mendorong adanya tukar pikiran agar dapat membuat multimedia yang lebih baik dalam proses belajar mengajar, memotivasi dan menarik peserta didik, serta mendorong peserta didik mengatur cara belajar mereka sendiri dan memperkuat minat mereka selama jangka waktu tertentu. Buku ini memandang bahwa software, peserta didik dan guru adalah tiga variabel penting dalam membahas multimedia, sehingga guru sangat berperan dalam menggunakan perangkat lunak untuk mendukung pembelajaran kepada anak-anak dan menggabungkan penggunaannya ke dalam kurikulum

E. Rekomendasi

Buku lintas disiplin ilmu ini ditujukan untuk guru dan peneliti pada sekolah dasar dan menengah serta semua kalangan yang menaruh minat terhadap dampak multimedia dalam pendidikan. Dengan buku ini guru diharapkan dapat mengelola proses pembelajaran dengan cara yang baru dan inovatif.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.