Electronic Learning dan pemahammnya (bagian 1)

image_print

Dalam perkembangannnya, computer dipakai sebagai alat sebagai alat bantu pembelajaran, karena hal itu dikenal dengan istilah (CLB) computer assisted learning (CAL). Saat pertama kali computer mulai diperkenalkan khususnya untuk pembelajaran, maka computer jadi popular di kalangan anak didik. Hal ini dimengerti karena berbagai variasi teknik pembelajaran membantu lebih terarahnya proses pembelajaran.

Teknologi pembelajaran terus berkembang sehingga dapat dikelompokan menjadi:

  1. Technology-based learning
  2. Technology-based web learning

Technology based learning ini pada prinsipnya terdidri dari dua yaitu audio ( audio tape, radio, voice mail, telephone). Sedangkan Technology-based web learning pada dasrnya adalah data informasi technology.

 

Pada setiap metode pasti ada kelebihan dan kekurangan karena ilmu bersifat dinamis atau selalau berkembang, oleh karena itu seiring dengan perkembangan jaman metode pembelajaran pun terus berinovasi guna mencapai proses pembelajaran yang berhasil.Dari uraian di atas dapat kita ketahui kelebihan dan kekurangan e-Learning sebagai berikut :

–          Tersedianya fasilitas pembelajaran dimana guru dan murid dapat berkomunikasi dengan mudah melalui internet tanpa di batasi oleh ruang dan waktu.

–          Siswa dapat belajar me review setiap saat dan kapan saja bahan ajar yang telah disampaikan guru dengan membuka file di computer.

–          Bila siswa perlu informasi tambahan tentang bahan ajar dapat mengakses di internet.

–          Berubahnya peran siswa yang biasanya pasif menjadi aktif

–          Berubahnya peran guru biasanya center learning jadi fasilitator.

–          Guru dan siswa dapat menggunakan bahan ajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet, sehingga keduanya dapat menilai.

–          Pembelajaran lebih inovatif,kreatif dan menarik bagi siswa.

–          Mengembangkan motorik siswa untuk mempelajari suatu hal.

–          Guru maupun siswa dapat berdiskusi melelui internet, yang dapat diikuti jumlah peserta yang banyak

–          Relatif lebih efisien.

 

Walaupun demikian pemanfaatan internet untuk pembelajaran e-learning tidak terlepas dari kekurangan.sebagai berikut dipaparkan kekurangan e-learning :

–          Proses belajar dan mengajarnya cenderng ke arah pelatihan dari pada pendidikan.

–          Berubahnya peran guru yang semula menguasai pembelajaran konvesional berubah mengusai ICT.

–          Siswa yang tidak mempnyai motivasi cenderung gagal.

–          Kecenderungan mengabaikan aspek akademik bahkan berubah menjadi aspek bisnis.

–          Kurangnya interaksi antar guru dan siswa bahkan antar siswa itu sendiri karena sudah tergantung dengan internet.

–          Siswa jadi malas membaca buku.

–          Apabila di daerah pedalaman teknologi sulit dijangkau karena terbatasnya alat.

–          Tidak efisien apabila digunakan di daerah sekolah-sekolah tertinggal.

–          Tidak semua lapisan atau tingkatan sekolah menggunakan e-learning.

–          Kurangnya penguasaan computer.

http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-e-learning-definisi-manfaat.html

http://www.kajianpustaka.com/2014/06/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-elearning.html

http://ainulfadilah.blogspot.co.id/2014/02/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

About Riska Hanifah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *