Bagaimana Menulis Bab Diskusi dalam Thesis?

image_print

1. Nyatakan apa poin-poin penting Saudara dan berikan argumentasi mengenai signifikansinya atau sampaikan bukti untuk mendukung atau menolak poin-poin tersebut. Ingat bahwa bab diskusi inimerupakan jantung dari thesis Saudara, harus sehat dan fokus.

2. Jelaskan signifikansi hasil Saudara dan nyatakan temuan-temuan yang penting. Coba berikan makna terhadap hasil penyelidikan Saudara

3. Tujuan dari diskusi adalah agar pembaca memahami pengetahuan baru seperti apa yang hendak Saudara perkenalkan.

4. Diskusi hendaknya menekankan pada bukti dan data yang Saudara kumpulkan dan hubung kaitkan semuanya untuk memastikan bahwa isyu utama dalam thesis terjawab

5. Diskusi menekankan pada kajian-kajian yang mirip dan kaitkan dengan masalah yang sedang diteliti

6. Tujuan utama diskusi adalah menemukan kebenaran, bukan membuktikan atau menolak sesuatu.

7. Bab Diskusi merupakan pembicaraan tentang aplikasi riset Saudara pada kehidupan nyata

8. Salah satu keindahan dalam diskusi adalah kerendah hatian. Kemukakan kelemahan dan keterbatasan penelitian dan berikan ruang bagi peneliti berikutnya untuk melanjutkan kajian bertolak dari hal-hal yang belum dituntaskan dalam penelitian Saudara.

9. Jangan berspekulasi, tetaplah fokus pada masalah utama. Jangan melebih-lebihkan temuan, jangan mengalihkan atau membingungkan pembaca thesis, tetap pada arah yang telah Saudara ditentukan sendiri. Di sini Saudara punya kesempatan memberi tafsiran dan makna atas temuan penelitian dan menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan pada bab Pendahuluan.

Dr. Qais Faryadi, DISCUSSION Klik

 

 

You may also like...

1 Response

  1. Avatar Muhammad Iqbal says:

    Artikel yang bermanfaat. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *