Bisnis Palugada Jaman Now

image_print

Bisnis Palugada Jaman Now

Oleh Mardiana Sukardi. Kira-kira nie gambaran bisnis sudah seperti palugada, apa yang lu mau gua ada. Kita lihat ilustrasinya ya. Dulu harus datang ke agen perjalanan untuk pesan tiket, kalau beruntung karena sudah langganan bisa telepon dulu baru transfer. Trus berikutnya lebih mudah pesan tiket via web, karena mobilitas tinggi, maka dibuat dalam bentuk App yang dapat diakses dengan perangkat mobile (gadget). Awalnya cuma tiket pesawat yang ditawarkan, tapi kan gak semua orang belinya tiket pesawat, kayak Budos sebagai penggemar kereta api, jadi sekarang tiket kereta pun bisa dipesan secara online.

Seringkali kalau bepergian ke luar kota butuh penginapan juga kan, so yang awalnya hanya jualan tiket, mulailah memberikan penawaran penginapan, jadilah hotel, homestay, dst masuk dalam aplikasi. Trus klo sudah di luar kota, pengen tahu dong ada tempat makan ato tempat piknik apa gitu yang menarik di situ, okelah lengkapi sekalian dengan pilihan paket wisata.

Tempat wisata sudah dipilih, resto paling kekinian sdh di-booking, trus gimana caranya sampe sana. Tutul-tutul aplikasi, oh ternyata bisa pesan mobil/motor sekalian. Tinggal duduk manis, dianter ke tempat sesuai lokasi yang terpampang di layar supirnya.

Udah sampe ke tempat wisata, hasil selpi udah pas manteb, posisi bagus, kliatan langsing (ini penting banget, klo gak bisa hapusin foto lagi :D) eh paket data abis. Pigimane bisa unggah di medsos, klo postingan Late Post rasanya kurang greget. Oke so jualan sekalian paket datanya malah lebih murah daripada beli langsung ke providernya. Udah posting nie, eh keingetan program promo klo posting foto piknik dan di-tag ke IG-nya si App, bisa dapat bonus poin buat next transaksi.

Mungkin ini gambaran singkat konsep Palugada untuk bisnis jaman now. Cukup dengan satu aplikasi, kelar satu urusan sampe selesai. Gak punya duit cash, bayar pake debet. Ah saldo menipis nie pakailah kartu kredit, eh ada program cicilannya loh, mayanlah bisa nafas. Tapi gw gak punya kartu kredit nie, don’t worry be happy sudah banyak aplikasi yang menyiapkan cicilan tanpa kartu kredit. Dan…., selanjutnya kita tunggu lagi, yang pasti perubahan itu tidak dapat dihindari. Teknologi yang mengubah gaya hidup, atau gaya hidup yang menuntut perubahan teknologi. Nikmati saja sambil ngopi…., selamat sore.

Gambar diambil dr Google

Mardiana Sukardi About Mardiana Sukardi
I have several middle names, including: shopping and travelling 😀

Mardiana Sukardi

Mardiana Sukardi

I have several middle names, including: shopping and travelling :D

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *