Change Management: Key Actions to Change Mind-sets and Behavior

image_print

Perubahan adalah suatu keniscayaan. Sesuatu yang tidak berubah seharusnya dan sepantasnya bersiap digeser dengan berbagai hal. Di dalam bahasa McKinsey, organisasi harus memberikan respon yang semakin cepat atas terjadinya sudden shifts in the marketplace atau adanya kejutan-kejutan eksternal yang salah satunya bersumber dari perubahan teknologi dan munculnya praktik dan model bisnis baru.

Di dalam konteks menghadapi dan menjalankan perubahan ini, salah satu tugas manajemen adalah mempersiapkan karyawannya. Berbagai riset yang dilakukan oleh McKinsey atau pun praktik bisnis yang dijalankan berbagai organisasi menunjukkan bahwa perubahan mindset dan perilaku karyawan di dalam mengantisipasi perubahan tergantung pada 4 (empat) hal.

Keempat hal itu terdiri dari: (1) Fostering understanding and conviction. Konsepnya terletak pada kalimat “Saya paham apa yang harus saya lakukan dan hal itu logis dilakukan”; (2) Reinforcing with formal mechanisms, yang berarti: struktur, proses, dan sistem yang ada di dalam organisasi mendukung dijalankannya perubahan yang harus saya lakukan; (3) Developing talent and skills (Karyawan sadar bahwa mereka memiliki bakat dan keterampilan yang diperlukan to behave in the new way); dan (4) Role modeling, merupakan tindakan untuk memberikan contoh, di dalam arti, perubahan perilaku dan mind sets hendaknya juga dilakukan oleh semua unsur organisasi, terutama pimpinan.

Silahkan membaca artikel lengkapnya:

http://www.mckinsey.com/business-functions/organization/our-insights/the-four-building-blocks–of-change

 

Avatar About Nicodemus Simu

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *