Gunung Prahu: Sebuah Cerita Dari Negeri di Atas Awan

  • 993602_598863550135049_1181785712_n
  • Gunung_Prau_Wonosobo_Featured
  • prahu 2
  • prahu 3
  • prahu
  • images
image_print

Gunung Prahu, mungkin masih asing terdengar apabila dibandingkan dengan tujuan wisata seperti gunung Bromo atau bahkan gunung merapi. Terletak di kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah, gunung Prahu merupakan alternatif wisata yang mulai naik daun bagi pecinta wisata alam. Mudah dijangkau dari Semarang maupun Yogyakarta, dengan estimasi waktu sekitar 2-3 jam menjadikan gunung Prahu semakin diminati wisatawan dalam maupun luar negeri.

Dengan ketinggian hanya sekitar 2.565 Mdpl, menjadikan gunung Prahu mudah untuk didaki meskipun bagi pendaki gunung pemula. Pendakian dari basecamp hanya sekitar 2-3 jam dan tidak memerlukan logistik yang terlalu banyak. Terdapat 2 jalur pendakian yaitu melewati jalur utara (Kabupaten Kendal), maupun dari arah selatan (kabupaten Banjarnegara).

Dari puncak gunung Prahu yang dijuluki gunung seribu bukit, anda dapat menikmati hamparan alang-alang dengan latar belakang gunung Sindoro dan Sumbing bahkan puncak gunung Merapi terlihat dari kejauhan. Sunrise (matahari terbit) yang menyembul dari belakang gunung Sindoro-Sumbing dengan dihiasi lautan kabut putih merupakan objek yang paling dicari para pendaki. Pemburu sunrise bahkan rela menunggu berhari-hari guna mengabadikan moment yang terbaik, karena memang sangat dipengaruhi oleh cuaca.

Tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati pemandangan negeri di atas awan jika anda berkunjung ke Yogyakarta maupun Semarang untuk merasakan sensasi pemandangan yang menakjubkan karya sang pencipta. Disarankan apabila akan melakukan pendakian tidak pada hari libur sekolah, karena pada saat tersebut akan sangat banyak rombongan yang mendaki gunung Prahu. Pada saat high-season anda akan menjumpai lebih 5000 orang di puncak yang akan mengganggu kenyamanan anda. Sempatkan juga untuk mengunjungi objek wisata lain seperti candi dan kawah di kawasan Dieng untuk merasakan nuansa keindahan masa lalu yang masih terbungkus aura mistis yang kental.

prahu prahu 3 imagesprahu 2 993602_598863550135049_1181785712_nGunung_Prau_Wonosobo_Featured

 

Sumber:

jimzzz.wordpress.com

www.geonation.org

www.alidabdul.com

https://id-id.facebook.com/notes/indonesian-mountains/catper-pesona-gunung-prau-2565-mdpl/

 

Aiaz Rajasa About Aiaz Rajasa

You may also like...

2 Responses

  1. Avatar Mustanwir Zuhri says:

    Indah mempesona dan tampak mudah. Kombinasi sempurna untuk tujuan wisata dan wahana olah raga.

  2. Avatar Nani Fitrie says:

    Itu yg buat Sangkuriang juga bukan? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *