Peluang dan Tantangan Pemasaran Wisata di Indonesia

image_print

Perkembangan pariwisata di Indonesia sangatlah pesat saat ini, terutama semenjak acara wisata di beberapa televisi swasta ditayangkan. Pada acara televisi tersebut ditayangkan tempat-tempat wisata yang sudah dikenal bahkan yang masih belum banyak dikenal mulai diekspos dan dikenal banyak orang. Dari wisata pegunungan, laut, taman wisata hingga wisata kuliner diulas dalam acara tersebut, secara tidak langsung kepopuleran acara tersebut kemudian mempengaruhi berbagai pihak baik masyarakat bahkan juga pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Sebagai contoh pemerintah kemudian membuat program Pesona Indonesia atau yang lebih dikenal dengan “WONDERFULL INDONESIA” kemudian makin memperkuat citra Indonesia sebagai salah satu negara tujuan wisata yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata bagi turis dalam dan luar negeri.

Berbagai destinasi wisata merupakanbeberapa objek wisata yang ada di Indonesia, dimana masih terdapat lebih banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keberadaan objek wisata tersebut merupakan “mutiara terpendam” yang jika dikenal dan diekspos dengan tepat maka dapat menjadi sumber penghasilan baik bagi masyarakat sekitar dan juga pemerintah daerah bahkan negara pada umumnya. Perkembangan perekonomian bagi masyarakat yang memiliki objek wisata  “unik” menjadi salah satu peluang yang akan membawa perubahan bagi masyarakat khususnya bagi perekenomian. Perkembangan perekonomian masyarakat akan membantu tumbuh kembang perekenomian suatu daerah terutama daerah yang mengandalkan pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan utama, sementara bagi negera pendapatan tersebut menjadi salah satu sumber devisa.

Keberadaan objek wisata tersebut tidak semata-mata memberikan peluang namun juga dapat menjadi tantangan bagi seluruh elemen yang terlibat didalamnya, seperti pemerintah pusat dan daerah, masyarakat dan komponen lainnya. Isu mengenai pengelolaan pariwisata yang belum maksimal dilakukan memberikan dampak pada pengelolaan tempat wisata (objek dan fasilitas pendukung) dimana jika dapat dikelola dengan baik maka dapat menjadi salah satu sumber pendapatan yang berkesinambungan bagi pemerintah yang pada gilirannya dapat membantu promosi daerah serta peningkatan perekonomian. Dalam hal ini tidak hanya peran pemerintah dan masyarakat namun media juga memberikan peran yang besar terhadap perkembangan pariwisata daerah. Tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan objek wisata secara baik dan profesional memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk turut terlibat sehingga secara tidak langsung mereka merasa memiliki tanggung jawab dalam pelestarian wisata dan budaya setempat bukan hanya memanfaatkan objek wisata sebagai sumber penghasilan. Pemahaman mengenai masalah tersebut penting untuk dibangun oleh seluruh stakeholder pariwisata di Indonesia.

Peran media juga saat ini terlihat dari berbagai publikasi yang sudah dilakukan untuk menunjang keberhasilan program wisata yang dicanangkan pemerintah. Melalui jargon hingga promosi melalui video pun mulai dilakukan oleh pemerintah demi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Namun dari berbagai promosi yang dilakukan sudah tepatkah strategi pemasaran yang pergunakan oleh pemerintah untuk menjangkau sasaran pasar yang dituju? Mari kita ulas pada bahasan selanjutnya .

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.