Karakteristik Layar Digital

image_print

Pada saat ini terdapat berbagai perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk digital, mulai dari televisi, komputer, tablet, telepon genggam, jam tangan  bahkan bergagai produk elektronik lainnya sudah mulai memiliki layar (screen) yang dapat menampilkan informasi dalam bentuk digital. Menarik dicermati bahwa layar yang dimiliki pada berbagai produk tersebut memiliki beberapa karakteristik, salah satu yang penting adalah ukuran kerapatan piksel (pixel density). Piksel atau pixel, atau picture element merupakan  elemen terkecil yang dapat dikendalikan dari suatu perangkat layar. Sebuah piksel umumnya berbentuk bujur sangkar (panjang=lebar) atau memiliki aspect ratio (display aspect ratio) 1:1.

Kerapatan piksel biasanya diukur dalam satuan PPI (pixels per inch) atau PPCM (pixels per centi meter) adalah ukuran kerapatan piksel sebuah perangkat layar digital, istilah tersebut dipakai juga pada perangkat kamera atau scanner digital. Sedangkan untuk printer lebih dikenal dengan istilah DPI (dot per inch). Pada saat diluncurkan tahun 2015, telepon genggam Sony Xperia Z5 Premium keluaran Sony merupakan perangkat yang dapat menampilkan gambar dengan kerapatan tertinggi, yaitu dengan kerapatan 806 ppi (artinya dalam satu inch bisa dihasilkan 806 pixel). Z5 mampu menghadirkan layar 5.5” dengan ukuran 4K atau Ultra HD yang artinya 4 kali lebih detil dibandingkan dengan layar dengan ukuran Full HD. Full HD adalah layar yang dapat menampilkan piksel dengan perbandingan 1920 x 1080. Film yang dikemas pada cakram BD (BluRay Disk) memiliki kualitas gambar sampai dengan ukuran Full HD. Sedangkan layar Z5 dapat menampilkan gambar ataupun film dengan ukuran 3840 x 2160 piksel yang diistilahkan dengan 4K (ukuran horisontal setara dengan 4 kilo piksel).

Dengan kerapatan piksel tersebut dapat ditampilkan gambar maupun film yang tajam dan jelas.

Z5

http://www.t3me.com/sites/default/files/news/2015/11/pr-english.jpg

Kerapatan piksel yang dimiliki oleh Z5 tentunya bukan menjadi yang paling tinggi, produsen telepon pintar masih terus bersaing untuk menghasilkan telepon dengan berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan pesaingnya, salah satu yang ditonjolkan dalam produknya adalah soal kerapatan piksel.

Untuk komputer Desktop, Apple membuat komputer dengan layar berukuran 27 inch dengan resolusi layar mencapai 5K (mampu menampilkan gambar dengan ukuran 5120 x 2880 pixel). Sedangkan dalam dunia pertelevisian, sekarang sudah dijual televisi dengan layar yang memiliki resolusi berukuran 4K, bahkan sudah terdapat televisi dengan ukuran 8K (mampu menghadirkan gambar dengan ukuran 7680 x 4320 pixel). Televisi 8K mampu menghadirkan gambar dengan ukuran 33.18 megapixels, artinya jika terdapat gambar dari kamera yang berukuran 32 megapixel dengan perbandingan 16:9, maka gambar tersebut dapat ditampilkan secara uth di layar televisi 8K tanpa harus mengalami pengecilan gambar.

Avatar About Budi Indiarto

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *