Menelusuri Android Smartphone bagian 2

image_print

Pada bagian 2 ini dibahas mengenai penelusuran smartphone jika terlupa atau hilang setelah masuk pada Find your phone, kemudian memilih satu di antara beberapa pilihan perangkat yang kita miliki yang terhubung dengan akun google tertentu. Terdapat informasi pada laman smartphone yang sudah kita pilih terkait dengan kapan perangkat tersebut treakhir disinkronisasi, jika tidak terlalu lama artinya perangkat tersebut kemungkinan besar masih dalam kondisi aktif, tetapi jika sudah cukup lama(dalam hitungan jam) kemungkinan perangkat tersebut dalam kondisi mati.

Jika kondisi perangkat sudah dimatikan, maka akan sulit untuk melakukan penelusuran terhadap perangkat tersebut. Jika peangkatnya masih aktif, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama perangkat tersebut dapat kita bunyikan (ring) dengan memilih Ring. Google akan berusaha mengontak perangkat yang dipilih kemudian akan membunyikan ring atau nada panggil meskipun posisinya sedang dalam keadaan sunyi (silent).

Kedua dapat dipilih menu locate atau menemukan. Jika pilihan tersebut dipilih, maka Google akan masuk pada laman Google Find My Device sekaligus menampilkan peta dimana perangkat tersebut berada dalam bentuk peta. Sebuah peta google map dapat kita perbesar atau perkecil sesuai kebutuhan untuk mendapatkan informasi sesuai dengan yang kita harapkan, sebagaimana terlihat pada gambar berikut.

Jika perangkat yang dicari tidak ditemukan, maka akan muncul laman sebagai berikut yang menginformasikan bahwa perangkat tidak berhasil ditemukan.

Untuk perangkat yang berhasil ditemukan, maka terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Play sound, membunyikan perangkat selama 5 menit sekalipun dalam kondisi sunyi (silent)
  2. Lock, mengunci perangkat dan menampilkan pesan atau nomor telepon
  3. Erase, menghapus semua isi perangkat dan sebagai akibatnya perangkat tersebut menjadi tidak dapat ditelusuri lagi.

Untuk pembahasan berikutnya akan diuraikan pada tulisan yang berjudul “Menelusuri Android Smartphone bagian 3” .

Avatar About Budi Indiarto

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *