brain Otak manusia adalah sebuah sistem yang sangat kompleks, khususnya pada bag" />

Mengontrol Komputer Dengan Gelombang Otak

image_print

brain

Otak manusia adalah sebuah sistem yang sangat kompleks, khususnya pada bagian korteks frontal, yang merupakan daerah di mana sebagian besar pikiran sadar dan keputusan dibuat. Kurang lebih sebanyak sepersepuluh dari aktivitas total dalam otak terjadi pada bagian korteks frontal ini.

Pada saat otak manusia beraktifitas, maka otak akan menghasilkan sinyal-sinyal listrik yang memiliki pola yang saling berbeda sesuai dengan aktifitasnya masing-masing. Sinyal listrik yang dihasilkan oleh otak manusia ini dapat direkam menggunakan pengukuran EEG.

emotiv1

Umumnya pengukuran EEG dilakukan di rumah sakit menggunakan peralatan medis yang berukuran besar dan tidak murah. Namun saat ini telah mulai diproduksi alat pengukuran EEG yang bersifat praktis, dapat dibawa dan digunakan dengan mudah dimanapun. Keuntung lainnya alat ini dapat terhubung langsung ke computer sehingga mempermudah proses pengukuran, perekaman dan analisa sinyal EEG tersebut.

emotiv2

Dengan adanya kemampuan untuk menangkap sinyal listrik yang dihasilkan otak manusia pada saat melakukan sebuah aktifitas tertentu dan kemudian mempelajari polanya, maka dimungkinkan dibangunnya sebuah konektifitas antar otak manusia dengan komputer. Dalam hal ini aktifitas yang terjadi dalam otak manusia akan dikenali oleh komputer untuk kemudian diinterpretasikan sebagai sebuah perintah tertentu.

emotiv3

Saat ini uji coba menggunakan alat Emotiv Insight yang memiliki kemampuan membaca sinyal EEG melalui 5 buah channel yang dilakukan di FTI Perbanas Institute telah berhasil mengaktifkan beberapa perintah seperti halnya mengaktifkan sebuah aplikasi, menggeser slide presentasi maju dan mundur, serta lainnya dengan mengacu kepada aktifitas yang dilakukan otak seperti misalnya pada saat tersenyum, berkedip ataupun mengeryit.

Tahap selanjutnya dari kegiatan penelitian ini adalah untuk menghubungankan sinyal EEG melalui Emotiv Insight agar dapat mengontrol beberapa peralatan penunjang perkuliahan baik di kelas maupun di lab seperti halnya menghidupkan lampu, menghidupkan komputer serta mengaktifkan LCD Projector.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *