ANOTASI BUKU MULTIMEDIA MAKING IT WORK

image_print

A. Data buku
Judul : MULTIMEDIA MAKING IT WORK
Pengarang : Tay Vaughan
Penerbit : McGraw-Hill: New York
Tahun : 2011
Halaman : 465
____________________________________________________________
B. Tujuan

Membahas penggunakan teks, gambar, suara, dan video untuk menyampaikan pesan menjadi lebih berarti, juga tentang merancang, pengorganisasian, dan memproduksi proyek multimedia dari semua jenis.

C. Pokok Bahasan
Pemilihan penggunaan multimedia dikarenakan banyak manfaat multimedia dibandingkan sarana penyampaian informasi lainnya. Dalam Multimedia, teks memberikan informasi yang dapat memiliki makna ampuh, demikian juga dalam pemanfaatannya dalam presentasi multimedia.
Membuat sebuah presentasi multimedia dibutuhkan beberapa elemen visual seperti elemen-elemen grafis, warna atau motif atau transparant, juga penempatannya di depan atau belakang objek lain. Selain mengetahui unsur pemilihan warna, font, trik, juga dibutuhkan kemahiran dalam menggunakan alat, bakat, dan pengetahuan dan kreativitas. Untuk mendukung pembuatan multimedia, perlu juga diperhatikan beberapa hal yaitu komponen dan pengukuran suara, pemakaian audio digital untuk proses rekaman, penyuntingan suara. Untuk mencari hasil suara yang maksimal dapat dilakukan dengan membandingkan dan mencari perbedaan dari penggunaan MIDI dan audio digital dalam produksi multimedia.
Animasi membuat presentasi statis menjadi hidup. Agar pembuatan animasi menjadi lebih baik perlu diketahui prinsip-prinsip animasi, teknik animasi cel dan animasi komputer. Penggunaan video dalam multimedia interaktif akan memberikan suatu pengalaman baru, karena video merupakan gambar yang bergerak dan dihasilkan daripada proses rekaman.

Dalam membuat proyek multimedia ada empat tahap utama, dan beberapa unsur tidak berwujud untuk membuat multimedia adalah seperti kreativitas, organisasi, dan keterampilan komunikasi. Pemilihan Perangkat keras dan Software dalam proyek-proyek multimedia, dan juga menentukan multimedia authoring system haruslah tepat.
Keberhasilan suatu proyek multimedia ditentukan tim yang solid dan kuat, dan didukung dengan keterampilan yang dimiliki oleh masing-masing anggotanya. Batasan dari proyek multimedia harus jelas, kemudian dibuat jadwal tahap, tugas, jenis pekerjaan, perkiraan biaya, batas waktu, dan tugas-tugas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek. Setelah batasan proyek multimedia jelas, maka dirancang struktur dan antarmuka pengguna untuk suatu proyek multimedia. Perolehan konten untuk suatu proyek haruslah tepat, karena hal ini terkait dengan masalah hukum, oleh karenanya konsultasi dengan seorang pengacara berpengalaman dalam hal kekayana intelektual menjadi sangat penting.
Internet merupakan infrastruktur yang salah satunya mendukung web. Web adalah teknologi berbasis multimedia yang memungkinkan untuk mengakses informasi. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. Hal lain yang harus diperhatikan adalah mengenai penggunaan metode dasar untuk menampilkan unsur-unsur multimedia pada halaman web, juga menentukan format grafis untuk berbagai jenis gambar, dan cara memutar audio, termasuk memasukkan animasi, dan video pada halaman web.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan pada suatu proyek sebagai bagian dari proses pengujian, selain itu juga menentukan langkah untuk mempersiapkan proyek untuk pengiriman ke pasar, dan menilai pertimbangan teknis dari pengiriman proyek pada World Wide Web.

D. Kekhasan
Buku ini dirancang untuk memberikan kemudahan dalam belajar dan mengembangkan keterampilan serta kemampuan dalam berkarir di bidang multimedia. Buku ini menceritakan secara runut mengenai multimedia, yaitu mulai dari dasar pengertian multimedia, pembuatan proyek, sampai dengan pengiriman proyek multimedia pada www.

E. Rekomendasi
Buku ini ditujukan untuk orang-orang yang akan membuat dan berminat kepada multimedia, baik juga digunakan untuk mengetahui kekuatan tim dalam membuat proyek multimedia. Bagi pembuat proyek multimedia, buku ini membahas secara detail dan jelas mengenai tahapan pembuatan proyek agar dapat berhasil.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *