Pendidikan 4.0 (Heutagogy)

image_print

No automatic alt text available.

Dunia pendidikan di Indonesia sedang mempraktekkan Education 1.0 (Pedagogy: pembelajaran anak kecil/children’s learning); BELUM memahami proses transformasi menuju Education 2.0 (Andragogy: pembelajaran orang dewasa/adults learning) dan Education 3.0 (Andragogy: pembelajaran orang dewasa menggunakan mobilitas/mobile learning) TETAPI langsung melompat membahas Education 4.0 (Heutagogy: Self-determined learning) karena dunia telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0.

Konsekuensinya TIDAK ADA satu kata antara konsep (teori) dan praktek (aksi nyata). Membicarakan tentang pendidikan modern TETAPI mempraktekkan pendidikan tradisional.

Dalam Education 4.0 menggunakan metode pembelajaran Heutagogy, tidak relevan lagi pertanyaan tentang ukuran kelas. Karena lokasi pembelajaran tidak lagi ditentukan pada ukuran bangunan fisik (mahasiswa dapat belajar dari mana saja, di mana-mana) juga dapat mengakses para ahli di mana saja di dunia ini. Sebagai misal mahasiswa Undana di Kupang bisa saja menyusun materi pembelajaran mandiri tentang kewirausahaan dan mengakses (belajar) dari saya di Bogor tanpa terikat pada ruang dan waktu (sepanjang saya bersedia membimbing mahasiswa itu). Pertanyaan tentang ukuran kelas itu ada dalam pendidikan 1.0 yang menggunakan metode Pedagogy. Mungkin dengan melihat gambar-gambar berikut bisa membayangkan apa yang dimaksud dengan Education 4.0 itu. Menjadi pertanyaan apakah sistem pendidikan Indonesia telah siap memasuki Era Education 4.0 itu? Salam SUCCESS.

Image may contain: 1 person

Vincent Gaspersz

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.