Profesi Itu Bernama “Akuntan”

image_print

Sejak akhakuntan 2ir 1800-an proses dan profesi terkait bidang akuntansi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat di Amerika. Seiring dengan perkembangan teknologi, e-commerce dan inovasi proses bisnis yang lain menjadikan meningkatnya kebutuhan terhadap layanan yang dapat diberikan oleh seorang akuntan profesional. Saat ini, kebutuhan terhadap independensi, profesionalitas , dan bagaimana menjaga hubungan dengan para kolega menjadi hal yang sama pentingnya dengan kompetensi akuntan, dan integritas yang harus dimiliki oleh akuntan itu sendiri.

Sampai saat ini kebanyakan kantor akuntan (accounting firm) terfokus pada jasa terkait kepatuhan (compliance work). Mayoritas kantor akuntan, khususnya kantor akuntan kecil dan menengah lebih berfokus pada jasa terkait kepatuhan pajak dan audit. Pada akhirnya kondisi ini berhadapan  dengan beberapa permasalah baru yang timbul. pendapat dari jasa audit mengalami stagnasi dan pendapatan dari jasa konsultan pajak menjadi berkurang. beberapa tahun terakhir di Amerika terjadi proses simplifikasi terkait dengan proses perpajakan yang menyebabkan peningkatan dari kepatuhan dan jumlah wajib pajak namu mereka lebih memilih untuk menggunkan paket perangkat lunak murah (software) perpajakan.

Akuntansi bukanlah sekedar akhir dari sebuah proses bisnis dalam suatu rentang waktu tertentu, melainkan suatu alat atau sarana untuk mencapai tujuan seperti keberhasilan secara ekonomi serta untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat secara umum. Akuntan profesional harus memahami bahwa ada kebutuhan baru yang sangat besar pada layanan yang bersifat personal dan layanan yang berorientasi pada kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya khusus bagi klien dalam kondisi lingkungan bisnis seperti saat ini. Selain itu, akuntan juga harus memahami bahwa akuntansi dan proses audit tidaklah statis. Hal tersebut terus berubah seiring berjalannya waktu dan perkembangan yang ada. Sistem akuntansi harus berkembang dan memenuhi kebutuhan lingkungan ekonomi yang ada dan para pengambil keputusan.

Terlepas dari tingkat dan jenis perubahan yang ada, keberhasilan ekonomi akan selalu bergantung pada informasi yang handal, relevan, tepat waktu dan konsisten. Seiring dengan globalisasi ekonomi, maka kebutuhan terhadap informasi yang berguna dan tepat waktu juga akan semakin meningkat. seorang akuntan profesional perlu untuk dapat memainkan peran dan tanggung jawab yang lebih besar untuk dapat menghasilkan informasi yang berkwalitas bagi pengambil keputusan dan investor domestik maupun global. Akuntan juga harus menunjukkan peran kepemimpinannya dalam perkembangan dan perubahan kondisi ekonomi dunia.

Disadur dari tulisan Michael F. Trebesh yang berjudul “The “New Market”-Accounting Opportunities Are Limitless“.

Tulisan tersebut dimuat dan dapat diakses pada klik disini

 

Aiaz Rajasa About Aiaz Rajasa

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.