SAKTINYA TIME VALUE OF MONEY (Bagian I)

image_print

Time Value of Money (TVM) merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam mata kuliah Manajemen Keuangan. Materi TVM ini memegang peranan penting dan menjadi dasar dalam sebagian besar perhitungan dalam setiap pokok bahasan. Kalau dilihat dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Manajemen Keuangan I dan II, maka hampir sebagian besar materi yang diberikan mengacu atau mendasari atas perhitungan dan konsep dasar TVM. Sebutkanlah misalnya Valuation of Securities (Bonds dan Stocks), Capital Budgeting (Penganggaran Modal), Cost of Capital (Biaya Modal),dan Term Loans (Pinjaman Berjangka). Tanpa penguasaan yang baik tentang konsep TVM, maka mustahil hasil luaran dari pokok-pokok bahasan yang disebutkan diatas dapat dikuasai dengan baik.
Begitu pula dalam perencanaan keuangan, konsep TVM memiliki begitu banyak aplikasinya yang saling terkait. Ketika kita mempelajari modul di bidang Asuransi yang berkaitan dengan persiapan untuk bea siswa putra-putri bapak/ ibu, maka dapat diperhitungkan berapa jumlah dana yang harus ditabung saat ini untuk mempersiapkan masa depan putra putri bapak/ ibu dimasa mendatang ? Mungkin ada yang berkeinginan melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi di luar negeri ? Sebaliknya, berapa jumlah dana yang akan diterima di masa mendatang, atas sejumlah dana yang sudah dipersiapkan dari sekarang untuk membiayai bea siswa putra-putri anda. Masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang muncul ketika kita mempelajari TVM, tidak hanya berhubungan dengan masalah investasi, dan asuransi saja, namun dapat berhubungan dengan perhitungan hukum waris, pengambilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), misalnya.
Secara sederhana konsep ini dapat digunakan untuk menentukan berapa banyak jumlah uang yang harus diinvestasikan untuk mewujudkan objektivitas/tujuan keuangan. Bagi seorang Investor yang memiliki dana lebih, tentunya akan bertanya berapa besar tingkat pengembalian investasi (Rate of Return/assumption) yang diaplikasikan terhadap setiap nilai rupiah yang ditabung/diinvestasikannya.
Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana aplikasi dan kesaktian TVM dalam memecahkan setiap persoalan, akan dilanjutkan pada edisi berikutnya.

About Henny Ritha

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *