Tips melakukan browsing yang hemat biaya dan cepat

image_print

Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya. (Ian Jacobs, 2004).

Fungsi browser ini salah satunya adalah alat untuk masuk ke jaringan internet dengan mudah. Layaknya sebuah eksplorer di dalam sebuah komputer, browser merupakan alat untuk mengakses semua jaringan yang ada di internet. Dengan hanya mengetik informasi yang anda cari maka informasi tersebut akan muncul dalam hitungan detik. Dengan aplikasi web browser ini kita bisa dengan mudah melakukan kegiatan berselancar di dunia maya antara lain download software, download ebook, menonton video, mendengarkan lagu, mengirim files, upload file, membaca dan mengakses informasi di situs / website, bermain game dan lain sebagainya. Browser yang cepat untuk keperluan akses di internet. tentu saja akan disukai oleh banyak pengguna komputer ataupun pengguna smartphone baik berbasis android ataupun iOS

 

Jangan lupa bahwa setiap browser mempunyai kelebihan dan kekurangan, maka pemilihan browser yang tepat, juga perilaku dalam browsing, memegang peranan dalam optimalisasi berselancar di jaringan internet.

 

Beberapa tips yang dapat digunakan dalam melakukan browsing yang hemat biaya dan cepat:

  • Menggunakan browser dengan kemampuan cache yang baik sehingga ketika membuka halaman web tidak memakan waktu lama.
  • Matikan fitur web yang tidak penting, misal gambar, animasi, iklan, sound, pop up.
  • Jangan lupa lakukan bookmak pada halaman web yang sering dikunjungi sehingga jika ingin mengunjungi web tersebut di saat lain lagi, anda bisa langsung ke halaman web yang dituju .
  • Jika situs tersebut mempunyai fasilitas rss feed, manfaatkan fasilitas itu dengan baik sehingga kita dapat membaca berita yang diperlukan saja.
  • Sebelum membuka browser tentukan terlebih dulu apa dicari sehingga menghindari membuang waktu dan kuota dalam berselancar di halaman web.
  • Manfaatkan browser yang mempunyai fasilitas offline browser, hal ini menghemat dari segi biaya karena tidak harus selalu online jika ingin berselancar di dunia maya.

 

Semoga tips ini bermanfaat.

  • Pratiwi

Pratiwi About Pratiwi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *