Umur Panjang? Siapa takut

image_print

“Selamat Panjang Umur …” adalah sebuah phrase yang biasa diucapkan sebagai sebuah doa ketika seseorang berulang tahun. Dan umumnya, orang yang menerima ucapan doa tersebut akan merespon dengan wajah yang berseri-seri, bersinar menggambarkan kebahagiaan.  Namun, berapa diantara kita yang mengupayakan usaha untuk memperpanjang umur? Pola makan diet? Pola makan sehat? Olahraga?

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan selama 12 tahun, menemukan bahwa “Jogging ringan merupakan sebuah upaya olahraga terbaik untuk mendapatkan umur panjang”.  Hasil penelitian ini dilakukan oleh Copenhagen City Heart Study dan diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology.  Lebih lanjut dikatakan bahwa “orang-orang yang tidak jogging mempunyai kemungkinan yang sama dengan mereka yang berolahraga keras dan rutin dalam me”maintain umur”.

Studi tersebut melibatkan 1.098 pelari dan 413 orang sehat yang tidak jogging. Penelitian ini kemudian mencatat durasi, frekuensi, dan kecepatan jogging setiap subyek.  Hasil penelitian mengatakan bahwa subyek yang berjoging selama 1 – 2.5 jam per minggu mempunyai resiko yang lebih kecil untuk mati mendadak.

Nah …..

Sumber :

1.    Media Indonesia, Rabu, 4 Feb 2015, hal. 1

2.    Journal of the American College of Cardiology, vol 65, Issue 5, 10 Februari 2015, pages 411-419.  “Dose of Jogging and Long-Term Mortality: The Copenhagen City Heart Study”Peter SchnohrJames H. O’KeefeJacob L. MarottPeter LangeGorm B. Jensen.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.