ALTERNATIF MEDIA UNTUK MENDONGKRAK PEMASARAN

image_print

Media iklan menjadi salah satu elemen yang penting dalam melakukan pemasaran produk berupa barang maupun jasa. Sebagai salah satu bagian dari bauran promosi (promotion mix), media iklan juga memilki peranan yang cukup besar sebagaimana halnya bentuk promosi lain seperti sales promotion, direct marketing, public relation, personal selling maupun publisity

Secara umum media yang tersedia dapat dikelompokkan menjadi media cetak, media elektronik, media luar ruang, dan media lini di bawah.

  1. Media cetak, yaitu media statis dan mengutamakan pesan-pesan dengan sejumlah kata, gambar, atau foto baik dalam tata warna maupun hitam putih. Bentuk-bentuk iklan dalam media cetak biasanya berupa iklan baris, iklan display, suplemen, pariwara, dan iklan layanan masyarakat. Jenis-jenis media cetak terdiri atas:
  2. Surat Kabar

Keunggulannya:

  • Cakupan pasarnya luas dan bisa dalam lingkup nasional, regional, maupun lokal
  • Fleksibel
  • Tepat waktu
  • Di terima luas
  • Sangat terpercaya
  • Merupakan referensi yang bisa dibawa-bawa ketika berbelanja
  • Memuat hal-hal aktual.

Kelemahannya:

  • Hanya dibaca dalam waktu singkat(memiliki file span yang singkat)
  • Kulitas reproduksi buruk
  • Pembaca ganda terbatas
  • Tata letak yang buruk dapat mengacaukan penglihatan pembaca dan informasi yang berlebihan membuat pengaruh iklan berkurang
  • Beberapa kelompok pembaca tidak dapat terjangkau misalnya karena adanya perbedaan bahasa
  • Beberapa produksi tidak dapat atau tidak cocok diiklankan di koran misalnya iklan pesawat.
  1. Majalah

Keuntungannya:

  • Menjangkau segmen pasar tertentu yang spesifik dan terspesialisasi secara demografis atau geografis
  • Terpercaya
  • Mampu mengangkat produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak terhadap prestise majalah yang bersangkutan
  • Kualitas produk sangat bagus
  • Masa edar sangat panjang dan biasanya dikoleksi
  • Pembaca ganda banyak
  • Kualitas visual sangat bagus karena dicetak dikertas yang bermutu tinggi
  • Dapat digunakan sebagai media humas dan sales promotion.

Kelemahannya:

  • Pemesanan tempat iklan dimajalah harus jauh-jauh hari dan tempat-tempat tertentu di majalah kadang-kadang sudah dikontrak untuk jangka waktu yang lama
  • waktu edar sangat lambat
  • biayanya mahal
  1. Tabloid, brosur, selebaran, dan lain-lain.
  2. Media elektronik, yaitu media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan bila ada jasa transmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship, iklan partisipasi (yang disisipkan di tengah-tengah film atau acara), pengumuman acara/film, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain
  3. Televisi

Keunggulan media televisi meliputi:

  • bersifat audio, visual, motion
  • formatnya sangat fleksibel
  • jangkauannya jauh
  • prestisius
  • sangat menarik perhatian
  • menimbulkan dampak yang kuat
  • kemampuannya yang kuat untuk mempengaruhi persepsi khalayak.

Kelemahan penggunaan televisi meliputi:

  • sangat mahal
  • banyak gangguan
  • penayangan terlalu cepat
  • khalayak tidak selektif.
  1. Radio

Keunggulan penggunaan media radio meliputi:

  • merupakan media massal
  • memiliki khalayak yang terspesialisasi secara geografis dan demografis
  • pembuatan iklan untuk radio relatif murah
  • dapat mendukung kampanye iklan di media lain
  • fleksibel
  • penyisipan iklan di tengah-tengah acara radio lebih efektif daripada penyisipan iklan di tengah-tengah acara televisi
  • radio bukan media yang musiman
  • radio dapat dibawa-bawa dan relatif tidak memerlukan energi listrik yang besar.

Penggunan media radio memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah:

  • hanya menyajikan suara
  • iklan di radio biasanya disuarakan dengan cepat
  • banyaknya stasiun di suatu wilayah menyebabkan pengiklan sering tumpang tindih dalam jangkauan pasar
  • iklan harus disesuaikan dengan sumber daya setempat
  • frekuensi iklan yang sering disiarkan sulit dibuktikan telah sesuai dengan pesanan.
  1. Media luar ruang, yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yang dipasang ditempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis kota, gedung, pagar tembok, dan sebagainnya. Jenis-jenis media luar ruang meliputi: billboard, baleho, poster, spanduk, umbul-umbul, transit (panel bis), balon raksasa, dan lain-lain.

Keunggulan dari media luar ruang antara lain:

  • murah
  • sangat mencolok karena ukurannya besar
  • penampilannya menarik
  • fleksibel
  • persaingan sedikit
  • menayangkan pesan iklan yang sama berkali-kali
  • memiliki kesinambungan atau kontinuitas yang baik
  • penempatan yang strategis dapat membuat masyarakat yang lalu lalang terekspos untuk memandangnya.

Sebagaimana media lainnya media luar ruang juga memiliki beberapa kelemahan yaitu:

  • membahayakan pengemudi. Dalam hal ini ada contoh yang menarik, yaitu iklan revlon di salah satu negara Eropa. Pernah terjadi kecelakaan beruntun di negara tersebut hanya gara-gara supirnya memandangi papan reklame revlon di pinggir jalan yang menampilkan artis dan top model cantik cindy crawford
  • kreatifitas terbatas
  • masyarakat khalayak tidak selektif
  • hanya efektif bila khalayak menggunakan kendaraan yang memiliki ruang pandang yang luas misalnya sepeda, sepeda motor, mobil pribadi.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *