Metodologi, metode dan teknik penelitian

image_print

Metode penelitian adalah perilaku dan alat yang digunakan untuk memilih dan merancang teknik penelitian.
Teknik penelitian adalah perilaku dan alat yang digunakan untuk menjalankan penelitian seperti observasi, pencatatan data, pemrosesan data dan sebagainya.
Dalam prakteknya, kedua istilah itu digunakan secara bergantian, sehingga ketika disebutkan metode penelitian, yang dimaksud bisa saja termasuk teknik penelitian.

metodeteknik-riset

Metodologi penelitian adalah cara sistematik untuk memecahkan suatu masalah. Ia dapat dipahami sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana riset digunakan secara ilmiah. Didalamnya dipelajari berbagai langkah yang biasanya digunakan oleh peneliti dalam mempelajari masalah riset beserta logika dibalik itu. Peneliti perlu memahami asumsi yang mendasari berbagai teknik dan memahami kriteria-kriteria untuk memutuskan teknik dan prosedur apa yang tepat untuk memcahkan suatu masalah.
Dengan demikian metodologi penelitian cakupannya lebih luas, tidak hanya meliputi metode-metode penelitian, tapi juga mempertimbangkan logika dibalik pemilihan metode dalam konteks penelitian yang dibuat, serta menjelaskan alasan penggunaan metode atau teknik tersebut, sehingga dapat dievaluasi baik oleh peneliti ataupun pihak lain.

C R. Kothari, Research Methodology: Methods and Techniques (New Delhi: New Age International (P) Ltd., 2004).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.