“The Golden Rule” posting status & berselancar di Cyber world

image_print

Internet sehat merupakan program nasional untuk men-sosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman bagi semua kalangan agar manfaat yang dirasa dari kehadiran internet lebih membawa pengaruh positif dan nilai tambah dalam berbagai aspek kehidupan. Literasi tentang dunia digital  dan cyber ethics  sudah semestinya disampaikan secara mendalam bagi para netizen, anak-anak dan orang tua.

Salah satu hal yang juga sering terjadi terkait interaksi dunia maya adalah kadangkala sebuah ‘update status’ seseorang dapat menyinggung perasaan orang lain yang berakibat pada kasus pencemaran atau sejenisnya. Oleh karena itu, tidak salah kalau sekarang banyak sekali campaign mengenai aturan emas (The Golden Rule) berselancar di dunia maya seperti “Wise While Online, Think Before You Post”. Kampanye ini mengarahkan para pengguna internet agar menjadi seorang user yang dewasa secara psikologis dan tentunya bijaksana. User harus mampu memilah mana hal wajar dan tidak wajar dalam menjalani komunikasi online. Mengapa demikian? Karena prinsip dari komunikasi online yang juga merupakan prinsip dasar komunikasi itu sendiri adalah pesan atau kata-kata yang sudah anda sampaikan tidak akan bisa ditarik kembali.

Di dunia maya yang memiliki fitur viral seperti downloadshare dan retweet yang mana saat anda mem-posting kata-kata, video, atau gambar yang tidak semestinya, orang lain diluar dari kehidupan pribadi anda dapat pula menyebar luaskan  hal tersebut dan anda tak akan mampu mengontrol banyaknya kloningan dari postingan anda di dunia maya, belum lagi tingkat cyber-bullying marak terjadi.

jadi cukup dengan dua kalimat saja yang penting untuk diingat dan dipahami dalam membuat status ataupun tulisan di media social, yaitu “wise while online” dan “think before posting”. Karena  apapun yang kita posting di Internet akan selamanya abadi dan tak mungkin dihapus begitu saja. Mungkin suatu saat kita pernah memposting sesuatu yang kurang baik di Internet, walaupun kita buru-buru menghapusnya namun kita tidak akan tahu persis bahwa belum ada orang yang sempat membacanya, mengkopinya atau bahkan memforwardnya ke orang lain. Apapun yang kita posting di Internet, akan menjadi catatan sejarah diri kita sendiri untuk masa depan. catatan diri kita akan sangat terbuka di Internet, jadi jangan sembarangan posting. Apalagi kalau sampai isi postingan kita menyinggung kehormatan atau harga diri orang lain.

So, mari kita bersikap bijak sewaktu online, dan pikirkan dulu secara baik-baik sebelum menayangkan sebuah tulisan, walaupun sependek apapun seperti di Twitter , Facebook, Instagram, dll.

Sumber :

http://blog.varnion.com/id/2016/02/healthy-internet-the-golden-rule-wise-while-online-think-before-posting/

https://ririsatria40.wordpress.com/2010/10/31/1238/

http://ictwatch.com/internetsehat/

Avatar About Riska Hanifah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *