• Uncategorized
  • 0

User Interface, Pentingkah?

image_print

Seringkali pengguna/user bingung saat ingin mencari suatu informasi suatu halaman website. Kebingungan itu bisa saja dikarenakan konteks, konten, komunikasi atau hal lain pada halaman website tidak sesuai dengan kaidah perancangan suatu user interface.

User interface/antar muka/tampilan tidak cukup hanya berpenampilan ‘bagus’ tetapi harus dapat mendukung tugas yang dilakukan manusia dan dibuat menghindari kesalahan-kesalahan kecil. User interface lebih dari apa yang manusia dapat lihat, sentuh atau dengar, mencakup konsep, kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem. Sistem yang dibangun haruslah interaktif karena memungkinkan user mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi. Sistem interaktif harus dapat didayagunakan (usability) untuk meningkatkan keberhasilan suatu sistem aplikasi.

Saat ini yang sedang tren adalah website ecommerce, betapa mengecewakannya apabila ingin melakukan transaksi ternyata website tersebut tersebut tidak dapat memfasilitasi atau mendayagunakan website tersebut secara maksimal. Untuk itulah saat perancangan user interface, seorang desainer harus sungguh-sungguh memperhatikan elemen-elemen yang harus ada pada suatu website.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *