Media Sosial dalam Bisnis Bagian 2: Amankah menggunakan Medsos?

image_print

Oleh Mardiana Sukardi

Tulisan kedua ini masih berbicara mengenai penggunaan media sosial untuk kegiatan bisnis. Selain mudah dan murah, selanjutnya yang perlu diperhatikan apakah juga aman? Silakan lanjut tulisan di bawah.

Beberapa alasan yang dikemukan dengan penggunaan media sosial dalam perusahaan mengerucut menjadi kemudahan penggunaan dan adopsinya. Bahkan menurut Treem dan Leonardi (2012), dibandingkan dengan bentuk komunikasi lain yaitu email atau instant messaging, media sosial memiliki beberapa kelebihan yaitu: visibility, persistence, editability (mudah untuk disunting), dan association.

Bagi perusahaan atau organisasi, media sosial menyediakan cara baru bagi perusahaan dan karyawannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan, ataupun kepada sesama rekan kerja. Disadari atau tidak maka dalam media sosial ini terjadi pertukaran informasi yang cukup besar. Mengingat bahwa informasi juga menjadi sebagian aset dari perusahaan, maka muncul suatu pertanyaan bagaimana keamanan pertukaran informasi melalui media sosial tersebut. Hal ini yang kemudian menjadi isu dalam penggunaan media sosial dalam kontek organisasi.

Isu potensi adanya ancaman ini dapat muncul karena ketidak tahuan atau kurang sadarnya karyawan dari perusahaan ini sendiri ketika mereka berbagi informasi melalui media sosial, dan ancaman ini dianggap lebih berbahaya daripada ancaman dari pihak luar perusahaan (Hekkala dkk, 2012). Lebih lanjut lagi, risiko akan meningkat apabila perusahaan tidak memiliki kontrol dalam mengatur distribusi informasi melalui media sosial yang dilakukan baik secara internal maupun eksternal.

Jakarta, 28 Februari 2017

Mardiana Sukardi About Mardiana Sukardi
I have several middle names, including: shopping and travelling 😀

Mardiana Sukardi

Mardiana Sukardi

I have several middle names, including: shopping and travelling :D

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *